Syarat dan Biaya Pembuatan SKCK Jepara




Sebelum mengurus SKCK ke Polsek atau Polres, silakan lengkapi persyaratan dibawah ini :

Bagi WNI :


  1. Foto Copy KTP ( e-KTP ) atau Identitas lain
  2. Foto Copy Kartu Keluarga ( KK )
  3. Foto Copy Akte Lahir / Ijazah
  4. Foto Copy Passport ( bagi yang akan keluar negeri )
  5. Pas Photo Berwarna ukuran 4×6 ( 4 lembar background merah )
  6. Rekomendasi Polsek setempat
  7. Rumus sidik jari di INAFIS Polres Jepara


Bagi WNA :


  1. Foto Copy Kitas/Kitap
  2. Foto Copy STM/SKJ
  3. Foto Copy Passport
  4. Pas Photo Berwarna ukuran 4×6 ( 4 lembar background kuning )
  5. Rekomendasi Polda setempat


Pengurusan SKCK di Polsek atau Polres

Setelah kelengkapan yang perlu dipersiapkan sudah terpenuhi, silakan Anda lanjutkan pengurusan SKCK di Polsek (tingkat Kecamatan) atau ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota). Di sini ada poin penting yang harus Anda ketahui :

1. Untuk keperluan melamar pekerjaan, kelengkapan administrasi PNS/CPNS, dan pembuatan Visa atau keperluan lain yang bersifat antarnegara, Anda bisa langsung datang ke Polres (tingkat Kabupaten/Kota)


2. Pastikan Anda datang ke Polsek atau Polres pada jam operasional pelayanan, yaitu hari kerja Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 atau Sabtu pukul 08.00-11.00. Silakan Anda langsung menuju loket bagian SKCK untuk mendaftarkan/memasukkan berkas yang telah Anda siapkan. Nanti Anda akan diminta untuk mengisi formulir.


3. Pihak Polsek akan meminta kelengkapan syarat-syarat seperti yang telah dijelaskan di atas sebagai kelengkapan rekomendasi. Karena itu, agar memudahkan dan tidak bolak-balik ke memfotokopi atau mencetak foto, lebih baik persiapkan persyaratan-persyaratan yang telah dijelaskan dalam jumlah banyak.

4. Tentang Sidik Jari Bagi Anda yang mengurus SKCK baru dan belum punya rumus sidik jari, Anda bisa buat dulu di Polres di bagian rekam rumus sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari ini, biasanya ditemukan adanya pengenaan biaya sebesar Rp10.000 atau lebih (tergantung kebijakan Polres setempat) meskipun hal tersebut tidak tercantum dalam PP No. 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


5. Kalau mengurus SKCK di Polres, biasanya prosesnya bisa lebih cepat untuk mendapatkan sidik jari sebagai salah satu syarat dalam penerbitan SKCK. Ada pengalaman juga ketika mengurus penerbitan SKCK di Polsek, pihak Polsek akan memberikan surat rekomendasi untuk pembuatan rumus sidik jari di Polres.


6. Setelah proses sidik jari selesai, saatnya untuk mengumpulkan berkas-berkas yang telah Anda siapkan dan membayar uang penerbitan SKCK di loket. Tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai.


Biaya:


Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2016 Tentang PNPB, biaya penerbitan SKCK sebesar :






Waktu:


Penerbitan SKCK dapat ditunggu, kurang dari 30 menit SKCK sudah jadi.

Cukup mudah bukan syarat membuat SKCK, tunggu apa lagi, semoga berhasil.