Cara membuat Surat Kuning ( AK-1 ) Jepara




Cara membuat Kartu Kuning di Dinas Tenaga Kerja di Jepara, Berikut panduan cara membuat kartu kuning atau AK-1  :

Syarat Penerbitan kartu AK- 1:
1. Pembuatan kartu kuning tidak bisa diwakili oleh orang lain
2. Foto Copy ijazah terakhir, berlegalisir ( 1 lembar )
3. Foto Copy E-KTP (1 lembar )
4. Foto berwarna UK. 3x 4 ( 3 lembar )

Perpanjangan kartu AK-1 :
1. Pemohon datang sendiri, tidak bisa diwakili
2. Foto Copy ijazah terakhir, berlegalisir ( 1 lembar )
3. Foto Copy E-KTP (1 lembar )
4. Foto berwarna UK. 3x 4 ( 3 lembar )

Siapkan dokumen-dokumen tersebut dalam satu folder atau satukan dalam satu map. Lalu bawalah dokumen tersebut ke dinas tenaga kerja di daerah masing-masing. Kamu akan menemukan loket khusus pembuatan kartu kuning di dinas tenaga kerja daerah.
Kantor DisNakerTrans Jepara beralamatkan di Jl. Pesajen Demaan Jepara (59419) - Jateng. 

Setelah menyerahkan dokumen, kamu hanya tinggal menunggu nama kamu dipanggil oleh petugas. Setelah dipanggil, petugas akan menanyakan keperluan kamu membuat kartu kuning. Petugas akan mengisi data di Kartu Kuning sesuai data pada dokumen yang kamu lampirkan, namun ada kalanya kamu yang harus mengisi data tersebut sendiri. Tempelkan pasfoto yang telah kamu sertakan lalu tanda tangani kartu kuning pada bagian yang ditentukan. Sebelum ditandatangani dan distempel, petugas akan meminta kamu untuk memeriksa kembali data yang tertera pada kartu kuning. Kalau kamu sudah yakin tidak ada kesalahan, petugas yang berwenang akan menandangani kartu kuning milikmu.
Setelah itu kamu akan diminta untuk memfotokopi kartu kuning tersebut untuk proses legalisir. Jumlah fotokopi disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Umumnya 10 lembar fotokopi sudah cukup. Kalau masih kurang, kamu bisa kembali ke dinas tenaga kerja untuk melegalisir ulang kartu kuning. Petugas akan melegalisir dengan memberikan cap dan nomor pada lembar fotokopi kartu kuning. Kartu kuning berlaku selama dua tahun sejak dibuat sedangkan fotokopi legalisir berlaku untuk enam bulan.

Bagi pemohon kartu kuning yang ingin bekerja di Luar Negeri, sebaiknya membuat kartu kuning Luar Negeri. Dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
- Fotokopi kartu identitas kependudukan (KTP)
- Fotokopi kartu keluarga
- Fotokopi surat izin bekerja di luar negeri dari suami atau orang tua yang telah ditandatangani
- Pasfoto berwarna terbaru ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar

Proses pengajuannya sama seperti saat pengajuan kartu kuning dalam negeri. Setelah kartu kuning jadi, kamu bisa memfotokopi kartu kuning tersebut untuk dilegalisir. Mudah kan cara membuat kartu kuning ?
Tidak ada ketentuan biaya
Pembuatan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja tidak membutuhkan biaya. Kamu hanya membutuhkan uang tunai untuk memfotokopi kartu kuning untuk dilegalisir. Pada dasarnya kartu kuning disediakan gratis untuk para pencari kerja. 

PERHATIAN
Hati-hati jika ada petugas yang meminta kamu untuk membayar pada saat pembuatan kartu kuning ataupun untuk legalisir. Kemungkinan besar itu adalah tindakan pungutan liar atau pungli. Laporkan segera jika hal tersebut terjadi padamu.